Putra, Yudistira Eka and Rahmad, Cahya and Ratsanjani, M. Hasyim (2020) IMPLEMENTASI ANALISA KEMIRIPAN TEKS UNTUK PENENTUAN DINAS PADA KELUHAN WARGA DI PEMERINTAHAN DAERAH. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text
Bab VII.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) | Request a copy |
Abstract
Pengaduan adalah penyampaian keluhan yang disampaikan pengadu kepada pengelola pengaduan pelayanan publik atas pelayanan pelaksana yang tidak sesuai dengan standar pelayanan, atau pengabaian kewajiban dan/atau pelanggaran larangan oleh penyelenggara. Untuk memfasilitasi pengelolaan pengaduan secara nasional, Pemerintah Pusat telah meluncurkan website layanan pengaduan online yang bernama LAPOR dan untuk beberapa kota besar lainnya juga meluncurkan website serupa. Dari 264 juta penduduk Indonesia perharinya ada sekitar 300-570 keluhan perharinya yang disampaikan melalui website-website ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat website keluhan warga menggunakan text mining yang mengimplementasikan analisa kemiripan teks untuk penentuan dinas. Dalam penelitian ini digunakan metode text mining yaitu berupa Preprocessing text dan Pembobotan TF-IDF dan untuk analisa kemiripannya menggunakan metode Cosine Similarity. Hasil dari penelitian adalah menghasilkan akurasi 75% dengan menggunakan pendekatan kemiripan keluhan dengan keluhan dan 80% dengan menggunakan pendekatan kemiripan rata-rata setiap dinas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Cerdas, Cosine Similarity, Keluhan Masyarakat |
Subjects: | A Computer Science > Computer Programming |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Yudistira Eka Putra |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 11:37 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 11:37 |
URI: | http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/138 |
Actions (login required)
View Item |