Media Edukasi Sel Hewan pada SMA Berbasis Virtual Reality

Ibrahim Ramdani, Muhammad Aslam and Pradibta, Hendra and Wijaya, Indra Dharma (2020) Media Edukasi Sel Hewan pada SMA Berbasis Virtual Reality. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
Bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy

Abstract

Media Edukasi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk pembelajaran. Beberapa contoh media edukasi adalah buku, video, audio, benda , dan gambar. Sejak dulu penggunaan buku sebagai media edukasi adalah hal yang wajib di area sekolah, akan tetapi UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Untuk meningkatkan minat membaca maka perlu sebuah media edukasi yang sesuai dan menarik untuk anak-anak. Salah satu cara adalah dengan penerapan teknologi terhadap media edukasi. Pengguna aktif smartphone di Indonesia pada tahun 2018 sekitar 177,9 juta jiwa, penyumbang terbesar berasal dari kategori usia anak-anak dan remaja. Diharapkan para orang tua memperbolehkan anaknya memainkan smartphone untuk keperluan edukasi. Media edukasi yang interaktif dapat dirancang dengan dukungan teknologi. Penelitian ini dilakukan dengan mengimplementasikan metode Fuzzy tsukamoto dan diharapkan dapat memberi pilihan belajar bagi siswa selain buku. Setelah penelitian ini diujikan kepada siswa SMA, maka hasil dapat disimpulkan adalah berupa sebuah media alternatif selain buku yang dapat digunakan sebagai alternatif belajar sel hewan dengan menggunakan teknologi virtual reality sehingga lebih menarik bagi mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Edukasi, Sel Hewan, SMA, Virtual Reality.
Subjects: A Computer Science > Multimedia
Depositing User: Muhammad Aslam Ibrahim Ramdani
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:41
Last Modified: 11 Dec 2023 04:41
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item