PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI UNTUK PEMILIHAN PRODUK HERBALIFE BERDASARKAN PREDIKSI KESEHATAN KONSUMEN (STUDI KASUS RUMAH NUTRISI FRESH CLUB)

Wahyuningtyas, Fanina Meidina and Asmara, Rosa Andrie and Abdullah, Moch. Zawaruddin (2020) PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI UNTUK PEMILIHAN PRODUK HERBALIFE BERDASARKAN PREDIKSI KESEHATAN KONSUMEN (STUDI KASUS RUMAH NUTRISI FRESH CLUB). Diploma thesis, TEKNOLOGI INFORMASI.

[img] Text
COVER-digabungkan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Wahyuningtyas, Fanina Meidina. “Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Pemilihan Produk Herbalife Berdasarkan Prediksi Kesehatan Konsumen (Studi Kasus Rumah Nutrisi Fresh Club)”. Pembimbing: (1) Dr. Eng. Rosa Andrie Asmara, ST.,MT., (2) Moch. Zawaruddin A., S.ST., M.Kom Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, 2020. Pada pendataan kesehatan, hasil dari riset kesehatan dasar menyatakan bahwa tingkat obesitas penduduk Indonesia meningkat. Pada era yang modern, kesehatan dan pengelolaan berat badan menjadi faktor utama agar penampilan menjadi lebih menarik. Berkaitan dengan gizi, Indonesia adalah negara yang mengalami dua masalah gizi sekaligus, yaitu kekurangan gizi dan kelebihan gizi (obesitas) ataupun kekurangan gizi, oleh sebab itu banyak perusahaan mengeluarkan produk nutrisi harian berjenis susu bubuk maupun cair untuk membantu menjaga keseimbangan berat badan. Salah satu perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut adalah PT. Herbalife. Penawaran produk Herbalife tidak hanya melalui official store, melainkan juga melalui komunitas rumah nutrisi (nutrition club) untuk mengenalkan produk-produk lebih dekat ke masyarakat, salah satunya adalah rumah nutrisi Fresh Club. Pada rumah nutrisi Fresh Club yang digunakan sebagai objek penelitian dengan menggunakan data setiap konsumen di rumah nutrisi Fresh Club. Dari berbagai macam hasil analisa kesehatan konsumen dapat mempersulit coach dalam mengambil keputusan terhadap produk yang dibutuhkan oleh konsumen berdasarkan kriteria hasil analisa kesehatan. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem rekomendasi pemilihan produk Herbalife berdasarkan prediksi kesehatan konsumen dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Salah satu cara yang bisa digunakan dalam pemilihan produk Herbalife berdasarkan prediksi kesehatan konsumen adalah penerapan logika Fuzzy Mamdani, karena terdapat beberapa data yang bisa digunakan dalam melakukan perhitungan guna mendapatkan pilihan produk Herbalife yang tepat dan sesuai. Dalam penelitian ini, kriteria yang digunakan untuk menentukan produk yang sesuai adalah usia, kadar air, lemak tubuh, massa tulang, lemak perut dan postur tubuh. Hasil dari penelitian ini yaitu akurasi Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Pemilihan Produk Herbalife Berdasarkan Prediksi Kesehatan Konsumen (Studi Kasus Rumah Nutrisi Fresh Club) adalah 88,33%. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat layak digunakan oleh pengguna untuk mendapatkan informasi tentang produk yang sesuai dengan hasil analisa kesehatan konsumen. Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Mamdani, Herbalife, Masalah Kesehatan. ABSTRACT Wahyuningtyas, Fanina Meidina. " Fuzzy Mamdani Method Application for Selecting Herbalife Products Based on Consumer Health Predictions (Case Study of Fresh Club Nutrition House)". Advisors: (1) Dr. Eng. Rosa Andrie Asmara, ST., MT., (2) Moch. Zawaruddin A., S.ST., M.Kom Thesis, Informatics Engineering Study Program, Information Technology Department, State Polytechnic of Malang, 2020. Based on health data collection, the basic health research results state that the Indonesian obesity level is increasing. In the modern era, health and weight management are the main factors to make the appearance more attractive. Regarding nutrition, Indonesia is a country that experiences two nutritional problems at once, namely, nutrition and excess nutrition. Many companies offer products to overcome various problems, namely excess nutrition (obesity) or malnutrition, therefore many companies release daily nutritional products of milk or liquid milk type to help maintain weight balance. One of the companies that issued the product was PT. Herbalife. Herbalife’s product offering is not only through the official store, but also through the nutrition club community to introduce products closer to the community, one of which is the Fresh Club nutrition house. In the Fresh Club nutrition house that is used as an object of research using data from every consumer in the Fresh Club nutrition house. All consumers believe the results of their health analysis after weighing the use of the Herbalife Tanita scales and most consumers are confused in understanding the results of their analysis and what products should be consumed according to their health problems. Therefore we need a system of Herbalife product selection recommendation based on consumer health prediction by utilizing the development of information technology. One way that can be used in Herbalife product selection based on consumer health predictions is the application of Mamdani Fuzzy logic because some data can be used in making calculations to get the right and appropriate choice of Herbalife products. In this study, the criteria used to determine the appropriate product are over water content, body fat, bone mass, abdominal fat, and body posture. The results of this study are the accuracy of the Application of Fuzzy Mamdani Method for Selection of Herbalife Products Based on Consumer Health Prediction (Case Study of Fresh Club Nutrition House), which is 88.89%. So that shows that this application is very feasible to use by users to get information about suitable products. Keywords: Decision Support System, Fuzzy Mamdani, Herbalife, Health Problems.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Mamdani, Herbalife, Masalah Kesehatan.
Subjects: A Computer Science > Information Science
A Computer Science > Artificial Intelligence
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Fanina Meidina Wahyuningtyas
Date Deposited: 12 Oct 2020 13:23
Last Modified: 12 Oct 2020 13:23
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item