PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS PADA DATA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA PINCER SEARCH

Putri, Syilvia Windy Kharisma and Rozi, Imam Fahrur and Pradibta, Hendra (2020) PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS PADA DATA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA PINCER SEARCH. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
Bab VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, pertumbuhan swalayan semakin meningkat sehingga menimbulkan persaingan. Mekar Swalayan merupakan swalayan yang digunakan untuk penelitian ini. Selama ini, data swalayan hanya digunakan untuk perhitungan laba rugi dan sisa hasil usaha. Padahal dari data penjualan tersebut dapat digunakan untuk strategi penjualan seperti diskon. Sayangnya, pemberian diskon pada swalayan ini dilakukan secara manual tanpa melihat keterkaitan antar barang. Market Basket Analysis merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menganalisis produk manakah yang dibeli oleh pelanggan secara bersamaan dengan melakukan analisis terhadap daftar transaksi. Salah satu metode yang digunakan untuk Market Basket Analysis yaitu Algoritma Pincer Search yang merupakan pengembangan dari Algoritma Apriori. Algoritma ini menggunakan dua pendekatan yaitu bottom up dan top down. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil rule terbanyak pada support dan confidence sebesar 1% yang menghasilkan 28 rule. Semakin tinggi minimum support dan minimum confidence yang digunakan maka rule yang dihasilkan semakin sedikit. Serta hasil akurasi metode ini sudah bagus dikarenakan hasil rule telah mencapai lift ratio yaitu lebih atau sama dengan 1. Begitu pula jika semakin tinggi minimum confidence yang digunakan maka akurasi lift ratio yang dihasilkan akan semakin kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Market Basket Analysis, Algoritma Pincer Search
Subjects: A Computer Science > Information Science
A Computer Science > Artificial Intelligence
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Syilvia Windy Kharisma Putri
Date Deposited: 24 Oct 2020 08:01
Last Modified: 03 Mar 2021 12:50
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item