Amini, Nabilah Roisul and Silviyanti, Nurma and Astiningrum, Mungki and Pamenang, Muhammad Unggul (2020) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
Abstract
Alat musik tradisional Indonesia merupakan alat musik yang lahir dan berkembang di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Ada beragam alat musik tradisional di Indonesia, namun minimnya pengetahuan akan alat musik tradisional di Indonesia menjadi masalah untuk generasi muda sekarang untuk mempelajarinya. Bila seseorang ingin mengenal dan memainkan alat musik tradisional, maka harus datang ke tempat asal alat musik tersebut dibuat atau bisa melihatnya di museum budaya. Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia menggunakan Augmented Reality (ALMUSAR) dibuat untuk membantu masyarakat khususnya generasi muda dalam mengenal alat musik dari daerah di Indonesia. ALMUSAR ini dibuat dengan berbasis Android karena masyarakat Indonesia pada umumnya menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android. Desain yang mudah dipahami menjadikan pelajar lebih mudah dalam pengoperasiannya. Dalam menggunakan aplikasi ini pengguna dapat melakukan scan marker alat musik yang dipilih kemudian mendengarkan deskripsi tentang alat musik tersebut seperti suara alat musik saat dimainkan dan cara menggunakannya. Pembuatan ALMUSAR menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pada metode MDLC ini terdiri dari 6 tahap : (1) Konsep, (2) Perancangan, (3) Pengumpulan bahan, (4) Pembuatan, (5) Pengujian, (6) Distribusi. Materi yang terdapat pada ALMUSAR sesuai dengan yang diajarkan pada pelajaran Seni Budaya di bangku sekolah menengah juga menambah minat belajar pelajar pada pembelajaran alat musik tradisional Indonesia. ALMUSAR telah diuji oleh guru seni budaya di SMP Kemala Bhayangkari 7 Porong dan pelajar tingkat SMP. Penilaian terhadap ALMUSAR meliputi kemudahan, kepuasan, kesesuaian fungsi memperoleh rata-rata persentase 86% sampai dengan 100%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Musik Tradisional, Android, Aplikasi Pengenalan |
Subjects: | A Computer Science > Information Science A Computer Science > Theory, Logic and Design A Computer Science > Multimedia A Computer Science > Applied Computer Science |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Manajemen Informatika |
Depositing User: | Nabilah Roisul Amini |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 04:08 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 13:01 |
URI: | http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/340 |
Actions (login required)
View Item |