Kusuma, Dimas Angga Ari and Prasetya, Dimas Rizky and Wibowo, Dimas Wahyu and Sukmana, Septian Enggar (2020) PENGENALAN AKSARA JAWA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (STUDI KASUS SDIT IBADURRAHMAN SRENGAT BLITAR). Diploma thesis, Jurusan Manajemen Informatika.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) | Request a copy |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kusuma, Dimas Angga Ari dan Prasetya, Dimas Rizky “Pengenalan Aksara Jawa Menggunakan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran (Studi Kasus SDIT IBADURRAHMAN Srengat Blitar)”. Pembimbing: (1) Dimas Wahyu Wibowo, ST., MT., (2) Septian Enggar Sukmana, S.Pd., M.T., Laporan Akhir, Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, 2020. Dalam dunia pendidikan, mata pelajaran bahasa daerah terutama aksara jawa merupakan salah satu materi wajib yang dipelajari sejak berada di sekolah dasar. Sedangkan kesadaran mengenai pentingnya memahami salah satu peninggalan sejarah ini masih sangat minim. Sehingga memunculkan upaya untuk mengenalkan anak mengenai aksara jawa dan komponen – komponennya seperti sandhangan, pasangan, dan huruf aksara jawa mulai dari saat masih berada di pendidikan dasar. Dalam pemahaman siswa terhadap materi, metode pembelajaran dan media pembelajaran sangatlah berpengaruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah aplikasi pembelajaran yang interaktif serta dapat membantu siswa dalam memahami dan menghafal komponen- komponen dari aksara jawa. Aplikasi ini dibangun dengan berbasiskan Android, disertai dengan fitur Augmented Reality untuk menampilkan sebuah objek 3 dimensi disertai dengan cara baca huruf aksara jawa saat digabungkan dengan sandhangan suara I, U, E, O sehingga pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Terdapat fitur kuis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi siswa terhadap pemahaman materi. Juga terdapat fitur kuis untuk bermain yang juga dapat mengasah kemampuan menghafal siswa berupa mencocokkan aksara jawa dengan cara bacanya. Berdasarkan analisa hasil uji coba terhadap aplikasi ini, responden sebanyak 6,67% menjawab cukup, sebanyak 41,25% menjawab setuju, dan sebanyak 52,08% menjawab sangat setuju bahwa aplikasi ini layak untuk digunakan. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi pembelajaran aksara jawa ini dapat membantu dan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran aksara jawa. Kata Kunci : Augmented Reality, Aksara Jawa, Android.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aksara Jawa Augmented Reality |
Subjects: | A Computer Science > Multimedia |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Manajemen Informatika |
Depositing User: | Dimas Angga |
Date Deposited: | 25 Dec 2020 14:35 |
Last Modified: | 25 Dec 2020 14:35 |
URI: | http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/433 |
Actions (login required)
View Item |