SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN BAGI PENYANDANG BUTA WARNA BERBASIS WEBSITE

Ramadhan, Ferdiansyah and Rachman, Haris (2021) SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN BAGI PENYANDANG BUTA WARNA BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang memiliki hak dan kewajiban serta peran yang sama dengan masyarakat Indonesia lainnya. Buta warna mempengaruhi sekitar 1 dari 12 pria (8%) dan 1 dari 200 wanita di dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri prevalensi buta warna sebesar 7,4%. Berdasarkan riset dari Suarise.id, lembaga yang menangani aksesibilitas terhadap user yang berkebutuhan khusus, masih banyak website atau aplikasi yang masih belum sesuai dengan aksesibilitas bagi user disabilitas maupun difabel. Ketika datang untuk menjelajahi website, kondisi ini dapat membuat tidak mungkin untuk memahami masuknya video, gambar, dan bagan yang tak terbatas. Kondisi tersebut menyebabkan masalah tidak terpenuhinya hak disabilitas yaitu diantaranya memiliki hak yang sama untuk berkomunikasi dan berinteraksi langsung, mengembangkan bakat, kemampuan serta kehidupan sosial baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, pengembangan pembuatan website ini sangat penting bagi penyandang buta warna untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pembelajaran online. Aplikasi dalam bentuk website sangat dibutuhkan terutama saat mahasiswa harus belajar dari rumah di masa pandemi Covid-19. Hasil pengujian pada website ini mendapatkan element terdeteksi sebanyak 350 element. Element yang dimaksud adalah keberhasilan dalam penerapan aksesibilitas pada tampilan website. Pengujian pada website menggunakan tools WCAG Color Contrast Checker. Hasil dari penerapan Color Contrast Checker sebesar 60% untuk keberhasilan dan 43,14 % untuk element yang gagal. Hasil membuktikan bahwa website ini telah mencapai keberhasilan dengan jumlah 60% untuk penerapan Color Blind. Keberhasilan dilihat dari pemilihan warna antara font, background, dan foreground. Dengan ini penerapan aksesibilitas Color Blind berhasil diterapkan dan mendapatkan skor baik yaitu 60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Buta Warna, Disabilitas, Website Pembelajaran, Pedoman Aksesibilitas Konten Web, Aksesibilitas
Subjects: A Computer Science > Computer Programming
A Computer Science > Information Science
A Computer Science > Operating Systems
A Computer Science > Theory, Logic and Design
A Computer Science > Applied Computer Science
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Manajemen Informatika
Depositing User: Haris Rachman
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:25
Last Modified: 14 Mar 2024 03:25
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item