ANALISIS PENERAPAN HAND RECOGNITION PADA GAME AR ALAT TRANSPORTASI DARAT DAN UDARA DENGAN STUDI KASUS SISWA KELAS 3 SD

Kusumaningtyas, Septa (2021) ANALISIS PENERAPAN HAND RECOGNITION PADA GAME AR ALAT TRANSPORTASI DARAT DAN UDARA DENGAN STUDI KASUS SISWA KELAS 3 SD. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (564kB)

Abstract

Perkembangan pada bidang pendidikan mulai memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar sebagai alat bantu atau sebagai media pembelajaran. Contohnya pada materi mengenai alat transportasi yang membutuhkan media gambar atau video serta buku sebagai acuan materi, lalu materi akan disampaikan dari guru ke siswa. Dengan adanya hasil dari penelitian terdahulu, media pembelajaran yang tepat yaitu dapat berupa game edukasi, dimana game edukasi ini tidak hanya dapat bermain tetapi sekaligus belajar. Game ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat memvisualisasikan objek dengan bentuk 3D tanpa memakai alat bantu dengan nama marker atau disebut dengan metode markerless dan Hand Recognition sebagai alat bantu untuk interaksi siswa dengan objek 3D menggunakan Manomotion SDK. Sehingga siswa dapat berinteraksi dengan merotasi atau memutar objek 3D alat transportasi serta dapat memegang objek 3D alat transportasi secara virtual. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu IMSDD (Interactive Multimedia System of Design and Development) dengan 4 tahap yaitu System Requirement, Design Consideration, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini telah menghasilkan aplikasi berbasis mobile android yang digunakan sebagai media pembelajaran agar siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan objek 3D. Dalam implementasi teknologi Augmented Reality dengan Hand Recognition digunakan alat bantu berupa SDK dengan nama Manomotion SDK. Manomotion SDK ini membantu dalam pelacakan tangan serta pengenalan gesture dalam aplikasi. Berdasarkan hasil pengujian beta testing mendapatkan hasil bahwa hand gesture yang paling disukai oleh siswa kelas 3 SDN 05 Lawang dengan 17 siswa yaitu hand gesture Pinch dengan persentase 88.2% daripada hand gesture Grab sebesar 17.6% dan Point sebesar 64.7%. Kemudian, dengan adanya aplikasi siswa dapat belajar mengenai objek alat transportasi yang tidak mudah dipegang bendanya secara langsung pada menu materi yang memanfaatkan teknologi augmented reality dan hand recognition, siswa menjadi mengetahui mengenai objek alat transportasi secara keseluruhan dari sisi atas atau bawah dan sisi kiri atau kanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat transportasi, Augmented Reality, Hand Recognition, Manomotion SDK
Subjects: A Computer Science > Multimedia
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Septa Kusumaningtyas
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:27
Last Modified: 14 Mar 2024 03:27
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item