Penerapan Mastery Based Learning Berbasis Website untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Teknologi Informasi

Baihaqi, Muhammad Ihya Firdaus and Suharmanto, Andry Dwi (2021) Penerapan Mastery Based Learning Berbasis Website untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Teknologi Informasi. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (540kB)

Abstract

Dampak wabah Covid-19 sangat berpengaruh pada sektor pendidikan, salah satunya pada mahasiswa jurusan teknologi informasi di Politeknik Negeri Malang. Pembelajaran daring yang berjalan saat ini mengakibatkan pembelajaran mahasiswa menjadi kurang maksimal sehingga ada beberapa mahasiswa yang tertinggal dalam memahami materi. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang lebih efektif untuk diterapkan pada masa pembelajaran daring saat ini. Salah satu metode pembelajaran yang cocok untuk diterapkan adalah metode Mastery Based Learning (pembelajaran tuntas), di mana metode ini menargetkan mahasiswa untuk memahami suatu standar kompetensi secara tuntas dengan waktu yang bisa disesuaikan masing-masing mahasiswa. Pada pengembangan aplikasi tugas akhir ini, pengembang mencoba merancang suatu sistem pembelajaran daring yang menerapkan metode Mastery Based Learning untuk menunjang pembelajaran mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi. Dengan menerapkan metode ini, mahasiswa yang memiliki pemahaman di bawah rata-rata tetap dapat mengikuti materi yang berhubungan dengan pengembangan software, baik praktek maupun teori sesuai dengan kemampuannya. Hasil dari pengujian sistem pembelajaran daring ini mendapatkan respon positif dari para mahasiswa. Dari total 22 responden mahasiswa, semua setuju bahwa fitur course, tutoring, dan forum yang diberikan dapat membuat pembelajaran mereka terbantu, yang artinya metode Mastery Based Learning dapat diterima oleh mahasiswa sebagai metode pembelajaran yang efektif untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mastery based Learning, Sistem Pembelajaran Online, Bimbingan belajar
Subjects: A Computer Science > Applied Computer Science
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Manajemen Informatika
Depositing User: Andry Dwi Suharmanto
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:27
Last Modified: 14 Mar 2024 03:27
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item