Azmi, Figha Al (2023) ANALISIS PENERAPAN GAMIFIKASI PADA MASSIVE OPEN ONLINE COURSE POLINEMA (STUDI KASUS: PEMROGRAMAN WEB). Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VII.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
Abstract
Massive Open Online Course atau yang sering disebut dengan MOOC adalah pembelajaran online yang dapat diakses secara terbuka dimana jumlah pesertanya tidak memiliki batas maksimal. Penerapan gamifikasi pada sistem MOOC Polinema yang digunakan untuk pembelajaran pemrograman web merupakan upaya untuk mengatasi tantangan dalam sistem pembelajaran online. Konsep gamifikasi pada sistem MOOC digunakan agar lebih interaktif serta dapat meningkatkan motivasi belajar. Pendekatan dalam perancangan game menggunakan MDA framework (mechanics, dynamics, dan aesthetics). Hasil penelitian mengarah pada kesimpulan bahwa berdasarkan keaktifan peserta dalam memperoleh point dan level selama uji coba sistem menunjukan persentase 92% untuk peserta aktif serta terdapat motivasi dalam mengikuti pembelajaran pemrograman web menggunakan sistem MOOC Polinema dengan gamifikasi. Hasil uji coba kegunaan sistem dan kepuasan pengguna berdasarkan persepsi peserta menggunan System Usability Scale (SUS), sistem MOOC dengan gamifikasi mendapatkan skor rata-rata SUS 82 yang dimana termasuk “Acceptable” pada Acceptability ranges serta mendapatkan Grade Scale “B” dengan Adjective Ratings “Excellent”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gamifikasi, MOOC, MDA Framework, SUS |
Subjects: | A Computer Science > Information Science |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Figha Al Azmi |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 03:58 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 03:58 |
URI: | http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/803 |
Actions (login required)
View Item |