ANALISIS PENERAPAN GAMIFIKASI PADA MASSIVE OPEN ONLINE COURSE POLINEMA (STUDI KASUS: PEMROGRAMAN WEB)

Azmi, Figha Al (2023) ANALISIS PENERAPAN GAMIFIKASI PADA MASSIVE OPEN ONLINE COURSE POLINEMA (STUDI KASUS: PEMROGRAMAN WEB). Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Massive Open Online Course atau yang sering disebut dengan MOOC adalah pembelajaran online yang dapat diakses secara terbuka dimana jumlah pesertanya tidak memiliki batas maksimal. Penerapan gamifikasi pada sistem MOOC Polinema yang digunakan untuk pembelajaran pemrograman web merupakan upaya untuk mengatasi tantangan dalam sistem pembelajaran online. Konsep gamifikasi pada sistem MOOC digunakan agar lebih interaktif serta dapat meningkatkan motivasi belajar. Pendekatan dalam perancangan game menggunakan MDA framework (mechanics, dynamics, dan aesthetics). Hasil penelitian mengarah pada kesimpulan bahwa berdasarkan keaktifan peserta dalam memperoleh point dan level selama uji coba sistem menunjukan persentase 92% untuk peserta aktif serta terdapat motivasi dalam mengikuti pembelajaran pemrograman web menggunakan sistem MOOC Polinema dengan gamifikasi. Hasil uji coba kegunaan sistem dan kepuasan pengguna berdasarkan persepsi peserta menggunan System Usability Scale (SUS), sistem MOOC dengan gamifikasi mendapatkan skor rata-rata SUS 82 yang dimana termasuk “Acceptable” pada Acceptability ranges serta mendapatkan Grade Scale “B” dengan Adjective Ratings “Excellent”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, MOOC, MDA Framework, SUS
Subjects: A Computer Science > Information Science
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Figha Al Azmi
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:58
Last Modified: 02 Jan 2024 03:58
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item