Mawaddah, Addina Nurul (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.
Text
SKRIPSI_ADDINA NM_COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI ADDINA NM_BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI ADDINA NM_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI ADDINA NM_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI ADDINA NM_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI ADDINA NM_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI ADDINA NM_BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI ADDINA NM_BAB 7.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI ADDINA NM_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI ADDINA NM_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya pengembangan kemampuan Bahasa pada anak sejak dini, khususnya Bahasa Arab. Bahasa sendiri memiliki berbagai fungsi, termasuk sebagai alat komunikasi. Pembelajaran Bahasa Arab diutamakan oleh lembaga-lembaga pendidikan Agama Islam, namun beberapa masih menghadapi kendala dalam pelafalan, kosakata, dan penulisan. Proses pembelajaran yang efektif memerlukan aspek interaktif dan menyenangkan, dengan media pembelajaran yang mendukung. Oleh karena itu diciptakan solusi dengan merancang sistem informasi android berbasis augmented reality (AR) untuk mempermudah pembelajaran kosakata Bahasa Arab pada siswa MI Syamsul Huda. Aplikasi yang dikembangkan berhasil menyajikan informasi kosakata Bahasa Arab melalui objek 3D. Pengujian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pengujian fungsional aplikasi, pengujian usability oleh guru Bahasa Arab, dan pengujian eksperimen pada siswa MI kelas 1. Implementasi aplikasi ini terbukti dapat meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Arab, dengan nilai pengujian fungsional mencapai 90,9%. Pada pengujian usability menunjukkan tingkat kepuasan guru dengan rata-rata sebesar 83,33 menggunakan metode SUS. Sedangkan pada pengujian siswa, terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman kosakata, peningkatan ini mencapai 2.6% untuk kelompok kontrol dan 52.8% untuk kelompok eksperimen. Peningkatan yang signifikan terlihat pada hasil post-test kedua kelompok tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa aplikasi AR berhasil memberikan dampak positif dalam meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Arab pada siswa MI kelas 1, terutama melalui pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Bahasa Arab, One-Way ANOVA, SUS |
Subjects: | A Computer Science > Computer Programming A Computer Science > Operating Systems |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Addina Nurul Mawaddah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:12 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:12 |
URI: | http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/838 |
Actions (login required)
View Item |