PEMANFAATAN ASYNCHRONOUS LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MANDIRI ANTARMUKA PADA PEMROGRAMAN GAME

Sabita, Almira Rahma (2023) PEMANFAATAN ASYNCHRONOUS LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MANDIRI ANTARMUKA PADA PEMROGRAMAN GAME. Other thesis, Teknologi Informasi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (951kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (421kB)

Abstract

Perkembangan industri game yang pesat dengan peningkatan jumlah pemain game dan infrastruktur yang membaik telah mendorong pendidikan vokasi untuk menambahkan pembelajaran pemrograman game pada kurikulumnya. Namun, dalam penerapannya muncul kesulitan dalam melakukan pemeriksaan proyek siswa oleh guru karena harus mengunduh proyek satu per satu, yang memakan banyak waktu. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini mengusulkan membuat inovasi pembelajaran mandiri antarmuka pada pemrograman game dengan menerapkan unit testing pada bahasa pemrograman C# sebagai penilaian otomatis atau autograding dalam pembelajaran pemrograman game. Metode penelitian menggunakan metode prototype. Pengukuran kesesuaian hasil penelitian dengan pengguna diukur menggunakan pengujian blackbox testing dan SUS. Hasil pengujian menunjukkan seluruh modul pembelajaran berhasil dibuat. Sedangkan, hasil pengujian SUS pada website mencapai skor 76.25 dan pengujian SUS pada Unit Testing mencapai skor 76, hasil tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik. Dengan demikian, penerapan asynchronous learning dan unit testing meningkatkan pembelajaran user interface pada pemrograman game, terbukti dari hasil pengujian SUS dan keberhasilan autograding pada semua modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran mandiri, Pemrograman game, Penilaian Otomatis
Subjects: A Computer Science > Computer Programming
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Almira Rahma Sabita
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:52
Last Modified: 30 Jan 2024 06:52
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item