Pratama, Aditya Putra (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK LAYANAN PENGADUAN PELANGGAN DI PDAM KOTA MALANG. Diploma thesis, Teknologi Informasi.
Text
cover.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text
Bab VII.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
Abstract
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kota Malang merupakan perusahaan daerah yang bergerak melayani dan mendistribusikan kebutuhan air bersih di wilayah kota malang menjelaskan bahwa pelayanan publik adalah segala kegiatan yang dilaksanakan oleh penyelenggaran pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan, maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang undangan. Permasalahan yang dihadapi adalah untuk mengetahui jika ada pengaduan (komplain) pelanggan harus datang langsung kekantor PDAM ataupun mengisi form di halaman web sehingga pada website PDAM tersebut terkadang mengalami pembatasan kuota data pengaduan pelanggan yang masuk. Selain itu proses yang begitu rumit menjadi tidak efektif dan efisien karena akan memakan waktu yang relatif lama. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah sistem Aplikasi Pelayanan Pengaduan Pelanggan Berbasis Android Pada PDAM Tirta Dharma Kota Malang ini untuk mengatasi masalah yang ditemukan yaitu tidak terdapat sistem Android pada sisi kinerja saat diakses terasa lambat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan konsep eksperimental, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu mengamati langsung penggunaan air PDAM dan pengujian yang dilakukan adalah pengujian blackbox yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat menunjukan jumlah pemakaian air dan pembayaran perbulannya dan dimana hasil pengujian usability testing yang telah dilakukan mengenai tingkat kualitas dari sistem pengembangan aplikasi andorid layanan pengaduan pelanggan di pdam kota malang yang dibangun mendapatkan persentase sebesar 87%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PDAM Kota Malang, android, pengaduan |
Subjects: | A Computer Science > Operating Systems |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | aditya putra pratama |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 04:19 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 04:19 |
URI: | http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/910 |
Actions (login required)
View Item |