SISTEM INFORMASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM BATIK CIPRAT LANGITAN DESA SIMBATAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : UMKM BATIK CIPRAT LANGITAN DESA SIMBATAN)

Tribuana, Nio Dyah and Wijayanti, Dika Ayu (2022) SISTEM INFORMASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM BATIK CIPRAT LANGITAN DESA SIMBATAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : UMKM BATIK CIPRAT LANGITAN DESA SIMBATAN). Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy

Abstract

Dika Ayu Wijayanti, Nio Dyah Tribuana.“Sistem Informasi Pemasaram Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM Batik Ciprat Langitan Desa Simbatan Berbasis Website”. Pembimbing: (1) Ade Ismail, S.Kom., M.TI. (2) Cahya Rahmat, ST., M.Kom., Dr. Eng. Laporan Akhir, Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, 2022. UMKM Batik Ciprat Langitan merupakan UMKM yang bergerak pada bidang pembuatan batik khas Desa Simbatan yang dibuat oleh para penyandang disabilitas intelektual. Media proses pemasaran yang digunakan pada Batik Ciprat Langitan masih secara online dengan media sosial instagram, sehingga belum bisa mengolah data lain yang dapat mendukung penjualan pada UMKM. Selain sistem penjualan menggunakan media sosial juga menerapkan sistem penjualan konvensional, dimana konsumen harus mendatangi batik ciprat langitan untuk memilih dan membeli produk batik yang disediakan. Selain permasalahan tersebut UMKM batik ciprat langitan juga memiliki permasalahan lain terkait dengan laporan hasil penjualan Batik Ciprat, yang mana dalam hasil penjualan hanya di catat pada sebuah buku, sehingga data – data banyak yang hilang dan juga terdapat penjualan yang tidak tercatat maupun kesalahan dalam pencatatan hasil penjualan batik tersebut. Oleh karena itu diperlukan penerapan sistem informasi pemasaran untuk mengakomodasi proses pemasaran batik ciprat secara digital. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem Pemasaran berbasis website yang dapat membantu kinerja admin dalam proses melihat pesanan,konfirmasi pembayaran,melihat penilaian produk,rekap penjualan, mempermudah pengrajin dalam mengelola kategori, produk, konfirmasi pesanan atau menolak pesanan,update pesanan, memberi tanggapan rating, dan mempermudah ketua dalam melihat rekap penjualan. Berdasarkan dari hasil kuisioner yang dibagikan kepada admin, pengrajin, ketua, dan customer dengan total 20 responden untuk melakukan pengujian usability diperoleh hasil rata-rata 86% yang berarti sistem sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Infromasi, Pemasaran, disabilitas intelektual
Subjects: A Computer Science > Computer Programming
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Manajemen Informatika
Depositing User: Nio Dyah Tribuana
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:45
Last Modified: 13 Jun 2024 04:45
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item