ANALISIS SENTIMEN KUALITAS LAYANAN ONLINE MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE

Rasyida, Atina Za'ima and Wijaya, Indra Dharma and Yunhasnawa, Yoppy (2020) ANALISIS SENTIMEN KUALITAS LAYANAN ONLINE MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Online Marketplace adalah tempat belanja online yang sekarang ini banyak digemari oleh masyarakat karena dinilai lebih efektif dan efisien. Respon konsumen terhadap kualitas layanan online marketplace digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat. Penelitian ini melakukan analisis sentimen terhadap lima online marketplace besar di Indonesia. Analisis sentimen adalah cara yang digunakan untuk menentukan kecenderungan opini publik. Langkah pertama yang dilakukan yaitu mencari opini masyarakat dengan cara mengumpulkan data komentar pada Twitter, Play Store, dan portal online marketplace melalui scraping data. Selanjutnya, menerapkan pre-processing meliputi case folding, filtering, stemming, tokenizing, dan stopwords removal. Setelah itu, melakukan pembobotan menggunakan tf-idf dan pelabelan manual dengan tiga kategori yaitu positif, netral, dan negatif. Data yang sudah memiliki label tersebut dibandingkan dengan menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) untuk mendapatkan hasil pengujian serta klasifikasi otomatis. SVM merupakan salah satu metode dalam supervised learning yang biasanya digunakan untuk klasifikasi dan regresi. Sesudah mendapatkan hasil klasifikasi otomatis, dilakukan perangkingan dengan cara menghitung score klasifikasi yang kemudian digambarkan dalam bentuk grafik yang menjelaskan posisi masing-masing online marketplace. Pengujian dilakukan dengan melakukan penghitungan akurasi, presisi, recall, dan f-measure terhadap 1891 dataset yang menghasilkan nilai tertinggi pada percobaan data latih 90% dengan perolehan akurasi 90%, presisi 86%, recall 98%, dan f-measure 91%. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi terhadap masyarakat agar tidak salah dalam memilih situs yang baik untuk melakukan transaksi secara online

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, kualitas, layanan, online marketplace, Support Vector Machine.
Subjects: A Computer Science > Computer Programming
A Computer Science > Information Science
A Computer Science > Artificial Intelligence
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Atina Za'ima
Date Deposited: 15 Sep 2020 05:41
Last Modified: 15 Sep 2020 05:41
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item