Firmansyah, Greggy Gianini (2021) Penerapan Design Thinking Pada Perancangan User Interface dan User Experience Marketplace Sistem Rantai Pasok "Panen-Panen". Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.
Text
Cover.pdf Download (406kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (78kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (41kB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (289kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (899kB) |
|
Text
Bab VI.pdf Download (299kB) |
|
Text
Bab VII.pdf Download (58kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (137kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (654kB) |
Abstract
Pertanian adalah salah satu komoditas andalan di Indonesia yang cukup besar dan berpengaruh terhadap perekonomian nasional. Pertambahan penduduk di Indonesia yang semakin meningkat mengakibatkan kebutuhan dasar dari beberapa sektor seperti pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, tanaman pangan dan budidaya juga meningkat. PT. Infonika Parasa sebagai perusahaan mitra memiliki solusi untuk membuat sebuah sistem jual beli online berbasis marketplace. Namun, produsen dan konsumen membutuhkan tampilan sistem yang baik agar meminimalisir terjadinya kesalahan dalam melakukan transaksi jual beli online. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat user interface e-marketplace “Panen-Panen” yang dapat membantu pembudidaya sayuran, ikan, buah, dan ternak dalam memperluas pemasaran hasil olahan dan user dalam menggunakan aplikasi. Metode yang digunakan untuk mengolah data adalah Design Thinking dengan lima proses yaitu empathy, define, ideate, prototype, testing. Pada pengujian prototype menggunakan aspek learnability dan satisfaction dengan pendekatan system usability scale. Hasil pengujian dari aspek learnability sebesar 59% responden mempresentasikan kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi marketplace “Panen-Panen” dan dari aspek satisfaction memperoleh hasil sebesar 71,3%. Selain itu, penilaian adjective ratings berada di atas “Good” dan di bawah “Excellent” serta berada pada grade “C” dan Acceptable. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguna dapat menyelesaikan tujuannya dalam menggunakan aplikasi marketplace “Panen-Panen” yaitu mencari dan memesan kebutuhan sayuran, buah, ikan, atau daging.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Design Thinking, Marketplace, Prototype |
Subjects: | A Computer Science > Multimedia |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Greggy Gianini Firmansyah |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:25 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:25 |
URI: | http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/586 |
Actions (login required)
View Item |