RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI DAN PENGADUAN MASYARAKAT DESA BERBASIS WEBSITE

Reynaldi, Arga Ardiansyach and Arifudin, Moch. Iqbal and Harijanto, Budi and Suprianto, Dodit (2021) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI DAN PENGADUAN MASYARAKAT DESA BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Teknologi Informasi.

[img] Text
SI WEB DESA Arga Ardiansyach R_ Moch Iqbal Arifudin (1).pdf

Download (8MB)

Abstract

Renaldi, Arga Ardiansyach, dan Arifudin, Moch. Iqbal. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Administrasi dan Pengaduan Masyarakat Desa Berbasis Website”. Pembimbing: (1) Budi Harijanto, ST., MMKom., (2) Dodit Suprianto, S.Kom., MT. Laporan Akhir, Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, 2021. Desa Argosari memiliki suatu bidang yang bertugas untuk mengurus kepentingan masyarakat setempat seperti pelayanan pengaduan. Pelayanan pengaduan merupakan bentuk informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk menyampaikan keluhannya mengenai hal yang berkaitan dengan pembuatan administrasi kependudukan (Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Sarana dan Prasarana serta berbagai hal lainnya yang ada di Desa Argosari. Keluhan dan aspirasi hanya bisa disampaikan melalui lisan dan telepon kepada perangkat desa secara pribadi. Masyarakat sering mengalami kesulitan untuk menyampaikan keluhan dan aspirasinya. Sistem ini akan sangat mempermudah masyarakat Desa Argosari dan pemerintah Desa Argosari dalam melakukan informasi dan informasi berupa layanan publik. Pada penelitian yang berjudul “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Administrasi dan Pengaduan Masyarakat Berbasis Website” Aplikasi berbasis web ini digunakan sebagai media informasi antara pihak pemerintah desa dengan masyarakat Desa Argosari. Uji coba aplikasi dan kuesioner dilakukan oleh 38 responden sebagai user, 31 user sebagai masyarakat, 7 user sebagai pemerintah desa. Hasil uji coba aplikasi menunjukkan tingkat keberhasilan aplikasi berdasarkan fiturnya sebesar 100%. Berdasarkan hasil kuesioner masyarakat dan pemerintah desa 88% menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi ini membantu penanganan pelayanan di Desa Argosari. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan masyarakat bisa mengetahui informasi atau pelayanan mengenai kebutuhan masyarakat desa, dan bisa menyampaikan keluhan dan aspirasinya dimanapun dan kapanpun tanpa datang ke kantor Desa Argosari. Pemerintah desa juga dapat menyampaikan respon atau tanggapan yang bersifat publik. Kata kunci: Sistem informasi, Pelayanan Masyarakat, Pengaduan Masyarakat Desa Argosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sistem informasi, Pelayanan Masyarakat, Pengaduan Masyarakat Desa Argosari.
Subjects: A Computer Science > Computer Programming
A Computer Science > Information Science
Depositing User: Arga Ardiansyach Reynaldi
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:26
Last Modified: 14 Mar 2024 03:26
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item