Sistem Pakar Klasifikasi Kecanduan Gadget Menggunakan Teori Arthurt T. Hovart Dengan Metode Naive Bayes Classifier Untuk Anak Sekolah Dasar

Sasmita, Mardiana Putri and Affandi, Luqman and Pramudhita, Agung Nugroho (2020) Sistem Pakar Klasifikasi Kecanduan Gadget Menggunakan Teori Arthurt T. Hovart Dengan Metode Naive Bayes Classifier Untuk Anak Sekolah Dasar. Diploma thesis, Teknik Informatika.

[img] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Putri Sasmita , Mardiana. “Sistem Pakar Klasifikasi Kecanduan Gadget Menggunakan Teori Arthurt T. Hovart Dengan Metode Naïve Bayes Classifier Untuk Anak Sekolah Dasar” Pembimbing : (1) Luqman Affandi, S.Kom., MMS., (2) Agung Nugroho Pramudhita, S.T, M.T Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, 2020 Gadget memiliki nilai dan manfaat tersendiri di kalangan orang tertentu. Gadget tidak hanya menimbulkan dampak negatif bagi anak, namun juga ada dampak positif, diantaranya dalam pola pikir anak yaitu membantu anak dalam mengatur kecepatan bermainnya, mengolah strategi dalam permainan. Namun ketika anak menggunakan gadget dalam waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan kecanduan. Kecanduan gadget dibagi menjadi 3 yaitu, kecanduan tingkat ringan, tingkat sedang, dan tingkat berat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu mencegah tingkat kecanduan gadget terhadap anak secara dini. Sehingga orang tua bisa mengontrol tingkat penggunaan gadget pada anak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuisioner dari 2 Sekolah Dasar di kota Malang. Dari data kuisioner tersebut, telah dibagi menjadi data training dan data testing untuk proses klasifikasi kecanduan. Dari data kuisioner akan dilakukan klasifikasi menggunakan metode naive bayes agar tingkat kecanduan dapat terklasifikasi. Penelitian yang menggunakan metode naive bayes ini berhasil melakukan klasifikasi dengan akurasi kebenaran adalah sebesar 86,67%. Kata kunci : gadget, kuisioner, naïve bayes

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: gadget, kuisioner, naïve bayes
Subjects: A Computer Science > Artificial Intelligence
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Users 217 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2020 06:19
Last Modified: 15 Sep 2020 06:19
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item