Sentimen Analisis Terhadap Objek Wisata Alam Kota Malang di Instagram dan facebook Menggunakan Metode Naive Bayes dan Support Vector Machine

Prasetyo, Dikta Afif Rahman and Prasetyo, Gunawan Budi and Dien, Habibie Ed (2020) Sentimen Analisis Terhadap Objek Wisata Alam Kota Malang di Instagram dan facebook Menggunakan Metode Naive Bayes dan Support Vector Machine. Diploma thesis, Politeknik Negeri Malang.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text
Bab VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi sangat cepat di era globlalisasi ini membuat banyaknya muncul seperti Instagram dan Facebook. Dengan adanya media sosial seperti Instagram dan Facebook pengguna dapat saling bertukar informasi. Pengguna media sosial dapat mengunggah informasi tanpa adanya batasan. Dari data informasi yang di unggah di media sosial oleh pengguna Instagram dan Facebook dapat memberikan penilaian dari lokasi objek wisata alam terdapat di kota Malang melalui komentar yang diberikan pengguna. Akan tetapi di menganalisa penilaian objek wisata tersebut sangat tidak mungkin jika di analisa secara manual. Untuk menangani hal tersebut di buatlah sebuah sistem yang dapat menganalisa dari dari komentar objek wisata alam tersebut berdasarkan lokasi wisata. Dari komentar Instagram dan Facebook pengguna dapat diambil melalui proses scraping dan mengolahnya menjadi text mining. Setelah diolah komentar tersebut di kelompokkan menggunakan algoritma Support Vector Machine dan Naive Bayes. Dengan kedua metode tersebut bisa di gunakan untuk perbandingan manakah hasil akurasi yang terbaik untuk penelitian ini. Hasil keluaran dari sistem berupa tingkat akurasi dari kedua metode tersebut berdasarkan ke-dua sosial media tersebut. Data training untuk Instagram sebanyak 725, sedangkan untuk testing sebanyak 273. Data training untuk Facebook sebanyak 682, sedangkan untuk testing sebanyak 231. Berdasarkan Hasil akurasi sangat bergantung dengan keberadaan data pada data training. Semakin sedikit data testing yang tidak memiliki kesamaan dengan data training maka semakin kecil akurasinya. Sebaliknya, semakin banyak data testing yang memiliki kesamaan dengan data training maka semakin besar akurasinya, jadi hasil nilai akurasi tertinggi pada ke-dua metode yaitu Naive bayes 75% pada sosial media Instagram dan 60% pada media sosial Facebook sementara Support Vetor Machine 60% pada media sosial Instagram dan 55% pada media sosial Facebook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sentimen Analisis, Naive Bayes dan Support Vector Machine ,Lokasi Wisata Alam
Subjects: A Computer Science > Information Science
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Dikta Afif Rahman Prasetyo
Date Deposited: 08 Oct 2020 12:33
Last Modified: 09 Oct 2020 07:29
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item