Kristanto, Joshua Davian and Wibowo, Dimas Wahyu and Abdullah, Moch. Zawaruddin (2020) IMPLEMENTASI METODE TF-IDF PADA APLIKASI CHATBOT BERBASIS WEB DALAM SISTEM PENJUALAN ONLINE (STUDI KASUS : PERCETAKAN RADJA PRINTING). Diploma thesis, Teknologi Informasi.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab VII.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi dalam bidang perekonomian di Indonesia berdampak besar terhadap kegiatan bisnis yang dilakukan oleh para pelaku usaha. Banyak pelaku usaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menunjang usaha mereka. Sebagai hasilnya, banyak dari usaha-usaha yang telah mengalami digitalisasi, sehingga proses jual-beli produk bisa dilakukan secara online. Dalam sebuah tempat usaha dikenal sebuah profesi yang bernama Customer Service. Customer Service berfungsi untuk memberikan informasi kepada user atau customer mengenai produk usaha atau pelayanan yang ditawarkan oleh sebuah tempat usaha. Customer Service diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas dan akurat sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh customer. Dalam prakteknya, customer service terkadang kala tidak bisa merespon pertanyaan dari customer secara tepat waktu. Hal ini disebabkan oleh adanya jam kerja tertentu yang ditetapkan tiap tempat usaha sehingga customer service tidak bisa merespon pertanyaan dari user 24 jam non-stop. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penelitian ini mencoba membuat sistem yang dapat memecahkan masalah yang dihadapi oleh customer service tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem chatbot yang dapat merespon setiap pertanyaan dari user tanpa terikat batas waktu tertentu. Hasilnya adalah chatbot dapat memberikan informasi yang akurat mengenai apa yang ditanyakan oleh customer. Pada penelitian ini digunakan metode TF-IDF dan Cosine Similarity. Algoritma TF-IDF berfungsi untuk memberikan bobot/weight pada setiap dokumen jawaban yang tersedia dalam database. Kemudian dilanjutkan dengan algoritma Cosine Similarity untuk mengukur kesamaan antara input dari customer dengan data jawaban yang ada di sistem. Sistem kemudian akan memberikan respon berdasarkan tingkat kesamaan tertinggi sehingga customer bisa memperoleh informasi yang mereka inginkan. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Recall dan Precision dapat disimpulkan bahwa algoritma TF-IDF dan Cosine Similarity dapat diterapkan dalam aplikasi chatbot untuk mempermudah pengguna memperoleh informasi yang diperlukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Service, Chatbot, TF-IDF, Cosine Similarity |
Subjects: | A Computer Science > Information Science |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Joshua Davian Kristanto |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 03:13 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 03:13 |
URI: | http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/318 |
Actions (login required)
View Item |