SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS ONTOLOGI UNTUK PEMILIHAN PEMAIN SESUAI ROLE PADA TIM PUBG MOBILE MENGGUNAKAN METODE ANP

Kurnia, Adam and Prasetyo, Gunawan Budi and Wibowo, Dimas Wahyu (2020) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS ONTOLOGI UNTUK PEMILIHAN PEMAIN SESUAI ROLE PADA TIM PUBG MOBILE MENGGUNAKAN METODE ANP. Diploma thesis, Teknologi Informasi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Bab 7.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (125kB)

Abstract

Pada proses pemilihan pemain pada tim PUBG Mobile non-proffesional yang terdiri dari 4 orang masih dilakukan dengan melihat statistik Kill/Death Ratio tanpa mengetahui role apa yang biasanya dimainkan. Artinya dalam satu tim belum tentu setiap pemain mengetahui peran apa yang akan mereka mainkan. Setiap role sendiri memiliki kriteria dan subkriteria yang sama namun intensitas dan kepentingannya yang berbeda. Pada penelitian ini dibuat sistem pendukung keputusan untuk membantu pembobotan kriteria dan subkriteria hingga menghasilkan ranking pemain guna mencari pemain yang sesuai dengan role yang dimainkan. Kelebihan Analytical Network Process (ANP) adalah setiap kriteria, subkriteria dan alternatif saling berhubungan dan memiliki hubungan timbal balik. Adapun kriteria dalam menentukan pemilihan pemain yaitu teknik, komunikasi tim, dan attitude. Metode pengujian sistem yang digunakan pada penilitian ini untuk dapat menguji funsionalitas sistem menggunakan Blackbox dan untuk pengujian metode ANP sendiri dengan membandingkan nilai yang dihasilkan saat perhitungan manual dengan hasil pada sistem yang telah dibuat. Pada pengujian yang dilakukan terhadap setiap role, didapatkan hasil tingkat total akurasi sebesar 97%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ANP, E-Sports, Sistem Pendukung Keputusan.
Subjects: A Computer Science > Artificial Intelligence
A Computer Science > Applied Computer Science
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Adam Kurnia
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:27
Last Modified: 14 Mar 2024 03:27
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item View Item