RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAN DENGAN METODE PROMETHEE DAN BORDA (STUDI KASUS PEMERINTAH KABUPATEN SITUBONDO)

MAULIDA, ANNISA WAHYU (2024) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAN DENGAN METODE PROMETHEE DAN BORDA (STUDI KASUS PEMERINTAH KABUPATEN SITUBONDO). Diploma thesis, Politeknik Negeri Malang.

[img] Text
1941720146_COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1941720146_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
1941720146_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
1941720146_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
1941720146_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
1941720146_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
1941720146_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
1941720146_BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
1941720146_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
1941720146_LAMPIRAN.pdf

Download (464kB)

Abstract

Jalan raya merupakan infrastruktur terpenting dalam transportasi darat. Jalan raya adalah jalan yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan yang lain. Jalan raya berperan dalam mendukung berbagai aktivitas manusia yang berkaitan dengan mobilitas demi mencapai tujuan ekonomi maupun non ekonomi. Beberapa jalan raya di Kabupaten Situbondo memiliki kondisi yang rusak sehingga membutuhkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Situbondo. Untuk menangani hal tersebut dibutuhkan sistem yang dapat menentukan rekomendasi prioritas perbaikan jalan raya yang akan lebih dahulu diperbaiki. Metode yang digunakan dalam perhitungan pada sistem yaitu metode PROMETHEE dan BORDA. Dengan alternatif beberapa sample ruas jalan yang ada pada Kabupaten Situbondo dan dengan kriteria yang digunakan yakni berupa panjang permukaan aspal (C1), panjang permukaan beton (C2), panjang permukaan kerikil (C3), panjang permukaan tanah (C4), panjang kondisi jalan baik (C5), panjang kondisi jalan sedang (C6), panjang kondisi jalan rusak ringan (C7), panjang kondisi jalan rusak berat(C8). Hasil pengujian pada penelitian ini berupa perbandingan nilai antar alternatif yang kemudian digabungkan untuk memperoleh total poin. Sistem kemudian akan menampilkan highlight pada total poin tertinggi suatu alternatif yang akan menjadi rekomendasi prioritas perbaikan jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A Computer Science > Computer Programming
A Computer Science > Information Science
A Computer Science > Applied Computer Science
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: ANNISA WAHYU MAULIDA
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:47
Last Modified: 26 Feb 2024 07:47
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item