PERANCANGAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI PABRIK PAKAN IKAN LELE PADA SISTEM RANTAI PASOK “PANEN-PANEN”

Dzikriawan, Panji Awwaludi Dzikriawan (2022) PERANCANGAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI PABRIK PAKAN IKAN LELE PADA SISTEM RANTAI PASOK “PANEN-PANEN”. Diploma thesis, Universitas Dian Nuswantoro [UDINUS].

[img] Text
Cover - Laporan Skrispsi.pdf

Download (817kB)
[img] Text
Bab 1 - Laporan Skripsi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Bab 2 - Laporan Skripsi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Bab 3 - Laporan Skripsi.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Bab 4 - Laporan Skripsi.pdf

Download (952kB)
[img] Text
Bab 5 - Laporan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6 - Laporan Skripsi.pdf

Download (508kB)
[img] Text
Bab 7 - Laporan Skripsi.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Laporan Skrispsi.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Lampiran - Laporan Skrispsi.pdf

Download (666kB)

Abstract

PT. Infonika Parasa adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia layanan konsultasi IT yang bertujuan membantu partner bisnis untuk mengelolah bisnis mereka. Para stakeholder dari PT. Infonika Parasa mempunyai inisiatif untuk membuat sebuah platform supply chain management yang kuat antara pabrik pakan ikan lele dengan pembudidaya ikan lele. Sehingga diperlukan sebuah perancangan sistem berdasarkan kaidah user experience untuk meningkatkan kenyamanan pengguna aplikasi pabrik pakan ikan lele dengan hasil akhir berupa prototype high-fidelity. Perancangan sistem ini dapat membantu meningkatkan penghasilan para pembudidaya ikan lele serta meningkatkan penjualan pabrik pakan ikan sehingga bisa meningkatkan perekonomian Indonesia. Pada pengembangan rancangan ini digunakan metode Design Thinking yang mempunyai 5 fase yaitu empathize, define, ideation, prototyping, dan testing. Aspek pengujian yang digunakan pada pengujian rancangan aplikasi ini yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction dengan menggunakan metode pengujian usability testing dengan system usability scale. Berdasarkan hasil dari pengujian kepada mitra PT. Infonika Parasa untuk aspek effectiveness didapatkan nilai sebesar 100%. Untuk aspek efficiency didapatkan nilai time based efficiency sebesar 2,860 sec/goals. Untuk aspek satisfaction didapatkan nilai sebesar 76 yang mana termasuk ke dalam kategori grade B. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa perancangan aplikasi dengan menggunakan aspek user experience dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A Computer Science > Information Science
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Panji Awwaludi Dzikriawan
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:27
Last Modified: 14 Mar 2024 03:27
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item