Pengembangan Fitur Chatbot Pada Sistem Informasi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di KPU Kota Batu Menggunakan Metode TF-IDF dan Cosine Similarity

Putri, Thalita Saniyya Aqilla (2023) Pengembangan Fitur Chatbot Pada Sistem Informasi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di KPU Kota Batu Menggunakan Metode TF-IDF dan Cosine Similarity. Diploma thesis, Jurusan Teknologi Informasi.

[img] Text
cover.pdf

Download (678kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Bab 7.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (170kB)

Abstract

Komisi Pemilihan Umum Kota Batu merupakan instansi pemerintah yang mempunyai tugas untuk menetapkan keseluruhan hasil Pemilihan Umum di semua daerah. Khususnya di Kota Batu untuk DPR, DPRD I dan DPRD II, mengumpulkan dan mensistemasikan bahan�bahan serta data hasil pemilih umum, memimpin tahapan kegiatan Pemilihan Umum. Komisi Pemilihan Umum Kota Batu membutuhkan sistem yang bisa digunakan untuk mendigitalisasi informasi mengenai pemilih pemula yang dilakukan oleh KPU Kota Batu, karena KPU Kota Batu sering melaksanakan kegiatan sosialisasi ke sekolah di Kota Batu. Informasi pada website sebelumnya masih kurang memudahkan user dalam mencari informasi lebih lanjut mengenai pemilih pemula. Oleh karena itu dibutuhkannya sebuah fitur chatbot pada sistem informasi sosialisasi dan pendidikan pemilih di KPU kota Batu. Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan sebuah komunikasi yang interaktif kepada user. Pengembangan chatbot ini menggunakan metode TF-IDF dan Cosine Similarity. Dengan adanya pengembangan sistem ini adalah mempermudah KPU kota Batu dalam tanya jawab pada sistem untuk sosialisasi secara digital mengenai pemilih pemula dan Komisi Pemilihan Umum kota Batu tersebut. Hasil pada sistem yang dibuat, user dapat melakukan tanya jawab pada fitur chatbot melalui website. Sistem ini diuji untuk mengetahui ketepatan dari jawaban sistem dengan menggunakan Recall dan Precision mendapatkan hasil nilai precision 100%, recall 90,6%, accuracy 90,62%, dan error rate 9,38%. Kesimpulan dari pengembangan sistem ini adalah metode TF-IDF dan Cosine Similarity dapat berjalan dengan baik terhadap respon chatbot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, chatbot, tf-idf, cosine similarity, website
Subjects: A Computer Science > Operating Systems
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Thalita Putri
Date Deposited: 08 Jan 2024 23:57
Last Modified: 08 Jan 2024 23:57
URI: http://repota.jti.polinema.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item